1. Jelaskan istilah dibawah ini :
a. Production Orientation, dalam hal ini fokus perusahaan tidak pada kebutuhan pelanggan, melainkan mengurangi biaya dengan melakukan produksi massal. Dengan mencapai skala ekonomi tertentu, perusahaan bisa memaksimalkan profit dengan mengurangi segala biaya.
b. Product Orientation, perusahaan percaya bahwa mereka mempunyai produk yang superior, berdasarkan kualitas dan fitur. Berdasarkan anggapan ini, mereka mengira pelanggan akan menyukai juga produk tersebut.
c. Sales Orientation, di sini perusahaan berfokus untuk memproduksi produk, lalu mencoba menjualnya ke target market. Tetapi masalahnya, kemungkinan besar pelanggan tidak menyukai produk yang ditawarkan kepadanya.
d. Market Orientation, dalam hal ini perusahaan menempatkan pelanggan sebagai inti dari bisnis. Perusahaan mencoba memahami kebutuhan pelanggan dengan menggunakan metode riset yang sesuai. Proses yang sesuai juga diterapkan untuk memastikan informasi dari pelanggan sampai ke perusahaan. Inti dari semua aktivitas yang dilakukan perusahaan berfokus pada pelanggan. Di sini pelanggan sungguh menjadi raja.
2. Pemasaran dan penjualan adalah serupa tapi tidak sama. Jelaskan perbedaan keduanya!
Jawaban :
Marketing Sales
Tekanan pada keinginan dan kebutuhan konsumen Tekanan pada produk
Perencanaan berorientasi ke hasil jangka panjang , berdasarkan produk’’ baru Perusahaan pertama-tama membuat produk dan kemudian bagaimana penjualannya.
Perusahaan pertama-tama menentukan apa yang di inginkan konsumen lalu membuat jalan keluarnya bagaimana menyerahkan produk tersebut untuk memenuhi keinginan konsumen. Perencanaan berorientasi kejangka pendek, berdasarkan produk dan pasar.
Berakhir pada kepuasan konsumen Tekanannya pada kebutuhan penjual, manajemen berorientasi pada laba volume penjualan.
3. Pemasaran dikatakan jantung persahaan, jelaskan pendapat anda!
Jawaban : marketing dapat dikatakan jantung perusahaan, karena bagian marketing hidup dan matinya perusahaan. Jika penjualan menurun maka perusahaan akan lesu, dan begitupun sebaliknya. Tanpa adanya marketing perusahaan tidak dapat memasarkan jasanya/ produknya, sehingga tidak ada aktivitas perdagangan dalam pendapatan perusahaan.
4. Keberhasilan pemasaran dikombinasi kedalam bentuk marketing mix yang dikenal dengan 4 variable / konsep 4p! Era sekaran 7p, jelaskan konsep 4p itu !!
Jawaban :
a. Produk, Apa saja yang dapat ditawarkan ke dalam pasar untuk diperhatikan, dimiliki, digunakan,dikonsumsi, sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.
b. Price, Merupakan jumlah uang (ditambah beberapa kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.
c. Promosi, Kegiatan selain personal selling, periklanan, publisitas yang menstimulir pembelian para konsumen dan efektifitas para dealer seperti peragaan, demontrasi, pertujukan pameran dan lain-lain
d. Place, upaya agar produk yang ditawarkan berada pada tempat dan waktu yang tepat, sesuai dengan kebutuhan konsumen dengan biaya yang wajar.
5. Pemasaran melalui internet/ online memang sering dilebih-lebihkan kehebatannya. Dengan membuat situs, product akan dikenal keseluruh dunia. Bagaimana pendapat anda tentang pemasaran online?
Jawaban : di zaman milenial 4.0 pengembangan dunia industri berbasis teknologi / IT. Kita sebagai generasi milenial harus memanfaatkan ini dengan menerapkan strategi pemasaran melalui internet (internet marketing), keunggulan nya ada banyak sekali. Diantaranya :
- Pemasaran melalui internet dapat menjangkau calon pelanggan potensial dengan tanpa batas ruang dan waktu.
- Implementasi strategi internet marketing jauh lebih murah dibandingkan dengan promosi secara ofline.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar