“AMALAN HIZIB DAN AZIMAT”
DOSEN PENGAMPU: Ibu ERNA NINGSIH S,Ag M.Pd
KELOMPOK : 10
1. TAUFIQUR RAHAMAN (18042084)
2. M. IRFANI FIRMANSAH (18042067)
3. ALFIAT HAJAR LUTFI (18042106)
UNIVERSITAS ISLAM DARUL ‘ULUM LAMONGAN
PRODI MANAJEMEN
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR i
DAFTAR IS ii
BAB I PENDAHULUAN
A, Latar Belakang Masalah 1
B, Rumusan Masalah 2
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Hizib 3
B. Pengertian Azimat 4
C. Macam-Macam Hizib Dan Kegunaanya 6
D. Fungsi Hizib Dan Azimat 9
BAB III PENUTUP
A. Simpulan 10
BAB I
PENDAHULUAN
A. LatarBelakang Masalah
Salah satu akar permasalahan dari berbagai fenomena kemusyrikan di sekeliling kita adalah adaanya kepercayaan sebagian kaum muslimmin terhadap benda-benda mati. Mereka manggangap bahwa benda mati tertentu memiliki kekuatan, kesaktian, atau keistimewaan yang sangat dasyat, sehingga bisa dijadikan sebagai jimat, senjata, obat, atau yang lainnya. Padahal, kepercayaan seperti ini hanyalah bersumber dari khurafat dan khayalan semata
Keyakinan seperti ini masih mendarah daging dalam sebagian kaum muuslimin di negeri kita ini. Tentu kita tidak asing lagi dengan sebutan “batu akik” yang menurut sebagian orang memiliki kekuatan ghaib atau kekuatan supranatural tentu sehingga bisa dipakai sebagai jimat atau senjata kesaktian. Atau keyakinan sebagaian orang bahwa pusaka peninggalan kerajaan seperti keris, tombak, atau kereta raja memiliki kekuatan mistis tertentu. Bahkan ada yang rela mengeluarkan hartanya untuk mengoleksi bebda-benda keramat tersebut untuk berbagai tujuan yang mereka inginkan
Sekelompok masyarakat yang lain, apabila mereka melihat sebuah pohon yang besar, rindang, umumnya ratusan tahun, akar-akarnya besar, mereka pun mengeramatkanya, dan menyakini bahwa pohon tersebuat datang mendatangkan berkah. Sehingga janganlah kita heran kalua mereka pun kemudian mempersembahkan berbagai sembelihan yang diletakan dibawah pohon tersebut. Mereka biasa menggantungkan harapan dan hidup mereka kepada benda-benda mati tertentu yang menurut mereka dapat mendatangkan manfaat dan menolak marabahaya. Keyakinan seperti itu pada akhirnya membawa mereka kepada penyembahan kepada benda-bendamati tersebut.
B. Rumus Masalah
1. Apa pengertian HIzib Dan azimat ?
2. Apa saja Macam-macam Hizib ?
3. bagimana fungsi Hizib Dan Azimat ?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Hizib
Hizib berasal dari suku kata حِزْبٌ yang dapat diartikan sebagai lasykar, kumpulan , golongan atau pasukan. Melihat dari redaksi atau susunan yang terdapat didalam suatu hizib maka untuk selanjutnya pengertian Hizib adalah Sebuah kumpulan wirid ( yang berasal dari Alqur’an atau hadist Nabi ) yang digunakan untuk memohon pertolongan kepada Allah dalam menghadapi persoalan lahir maupun batin, baik urusan dunia ataupun akhirat.
Karena besarnya fadhilah suatu Hizib, dan kekhususannya, pengertian Hizib menjadi lebih Spesifik. Hizib tidak lagi hanya serangkaian wirid tapi merupakan pasukan pelindung bagi mereka yang mudawamah membacanya. Kekhususan Hizib ini tidak hanya terletak pada penciptaannya, tapi juga karena tidak sembarang Ulama yang dapat membuat Hizib. Karena itu sampai sekarang kita hanya kenal sedikit sekali dari berbagai bacaan yang bernama Hizib ini. Antara lain Hizib Maghrabi, Hizib Barqi, Hizib Iqbal dan lain-lain, yang jumlahnya dibandingkan dengan bacaan sejenis adalah sangat sedikit. Keistimewaan Hizib ini adalah penciptaannya oleh Ulama / Wali yang memang dibikin khusus untuk kalangan tertentu.
Rangkaian wirid tidak semuanya dapat disebut sebagai Hizib. Walaupun dilihat dari susunannya sama. Yakni sama-sama kumpulan ayat, dzikir, dan doa yang dipilih dan disusun oleh Ulama Salafush shalih yang termasyhur sebagai Waliyullah. Suatu rangkaian wirid ada yang bernama Ratib. Dewasa ini jama’ah-jama’ah Ratib tumbuh subur dimana-mana. Karena sifatnya yang ‘dingin’ dan tidak menimbulkan efek samping secara batiniah. Yang sangat terkenal adalah Ratib Al-Hadad yang diciptakan seorang Wali Qutub Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad, atau Ratib Al-Atthas ciptaan Wali Qutub Al-Habib Umar bin Abdurrahman Al-Atthas.
Yang membedakan suatu ratib dengan ratib yang lain atau suatu hizib dengan hizib yang lain adalah asrar yang terkandung didalam setiap rangkaian ayat, doa, atau kutipan hadist yang disesuaikan dengan Waqi’iyyah ( latar belakang penyusunannya, red )-nya. Namun meski muncul pada Waqi’ yang sama dan oleh penyusun yang sama, ratib sejak awal dirancang oleh Aulia untuk konsumsi umum meski tetap mustajab. Semua orang dapat mengamalkan untuk memperkuat benteng dirinya bahkan tanpa perlu Ijazah, meski tentu jika dengan ijazah lebih afdhal.
B. Pengertian Azimat
Azimat atau jimat yaitu satu benda yang disakralkan lantaran mempunyai faedah supranatural untuk menangani beragam permasalahan kehidupan serta untuk menolong tercapainya satu maksud. Walau azimat biasanya disakralkan oleh pemiliknya, tetapi bukanlah bermakna disembah. Seseorang yang memiliki/pemakai azimat yakini bahwa azimat hanya fasilitas untuk memohon pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa.
Azimat dapat datang dari alam ghaib (pemberian makhluk ghaib) atau dari benda alam (satu benda alamiah yang memiliki kandungan daya tidak tampak, umpamanya kristal). Azimat dapat juga berbentuk benda apa sajakah (batu, pakaian, kayu, dsb) yang di-isi daya metafisika oleh seseorang spiritualis, atau dapat pula berbentuk kertas yang ditulisi huruf, angka, lambang atau kode-kode spesifik yang dapat terhubung daya kosmos.
Dalam bahasa Arab, Azimat/Rajah umum dikatakan sebagai Wifiq atau Wafaq. Azimat/Rajah yaitu tulisan-tulisan yang memiliki kandungan daya gaib, yang mana dengan kemampuan gaib itu satu Azimat/Rajah bisa memengaruhi situasi lingkungan sekitarnya (manusia, binatang serta bahkan juga makhluk halus).
Tulisan Rajah bisa berupa huruf, angka, sandi, lambang serta gambar. Tulisan Rajah memanglah tak seperti tulisan biasanya. Beberapa besar satu Rajah cuma terbagi dalam huruf-huruf serta angka-angka yang berdiri sendiri-sendiri, tak membuat satu kata. Hingga dapat disebutkan tulisan rajah itu tak dapat disimpulkan dalam bahasa. Tetapi dipercaya bahwa susunan huruf serta angka (rajah) itu kemampuan gaib.
Tulisan Azimat/Rajah berbagai macam macamnya, sesuai dengan manfaat atau manfaatnya. Azimat/Rajah tidaklah sembarang tulisan yang ditulis di atas selembar kertas atau kain atau media yang lain. Tetapi tulisan Rajah adalah tulisan yang memiliki kandungan makna metafisik yang sangatlah dalam. Tiap-tiap coretan garis, lambang, sandi, gambar, huruf serta angka mempunyai arti spesifik yang biasanya cuma dipahami oleh beberapa orang yang memahami pengetahuan batin.
Walau kadang-kadang, tulisan Azimat/Rajah yang tidak bisa dipahami berarti tetapi tulisan itu memiliki arti. Azimat/Rajah lebih mengutamakan pada arti dari pada makna. Satu arti yang dikandungnya adalah maksud yang akan diraih oleh pembuatnya. Lantaran azimat/rajah memanglah di buat untuk menolong penuhi hajat hasrat seorang.
Pengetahuan membuat azimat/rajah sendiri yaitu pengetahuan spiritual yang rumit. Intinya yaitu bagaimanakah langkahnya terhubung daya spesifik lewat tulisan-tulisan atau kode-kode spesifik yang dituliskan pada media kertas, kain, daun, lempengan logam dsb. Hingga tiap-tiap orang yang memakai azimat itu, bakal memperoleh faedah seperti yang diniatkan oleh pembuat azimat.
Berdasarkan penjelasan dari beberapa Ulama yang masyhur, wifiq yaitu rahasia rajah atau simbol huruf serta angka Arab ataupun simbol yang masih tetap terputus-putus saat sebelum terjadinya kitab-kitab, dari mulai Nabi Adam Alaihissalam sampai Nabi Muhammad SAW, yang terbagi dalam empat kitab : 1. Taurat, 2. Zabur, 3. Injil, 4. Al Qur’an. Wifik yaitu pengetahuan perihal huruf-huruf Al Qur’an yang tiap-tiap huruf memiliki makna serta jumlah spesifik. Pengetahuan ini ada dalam kitab-kitab tarekatdan tasawuf. Kertas yang ditulisi rajah berbentuk huruf-huruf spesifik memiliki arti atau perlambang ayat tertentu dari Al Qur’an, manfaat memperoleh manfaat dari ayat itu dengan karena izin Allah.
C. Macam-Macam Hizib Dan Fungsinya
1.Hizib abu bakar sakron
Untuk obat dan menangkal sihir dan kejahatan manusia.selain itu juga untuk pagar gaib rumah,kantor,atau lahan pertanian/kebun.
2.Hizib al barri
Hizib ini menjadi amalan tarekat asy-sadziliyah berfungsi mendapatkan keistimewaan yang diperoleh perangkumnya,imam asy-syadzily dan untuk keselamatan dari segala marabahay
3.Hizib ‘aly
Untuk keselamatan,kesaktian,keberanian,melumpuhkan lawan dan menangkal berbagai serangn sihir.
4.Hizib andarun
Untuk keselamatan.jika sedang bermusuhan (berada di pihak yang benar),lawan tidak akan mampu bergerak ,melihat ,mendengar dan berbicara.
5.Hizib autad
Untuk memudahkan terkabulnya cita – cita ,menambah kharisma dan wibawa ,serta memudahkan rezeki dan terjaga dari segala bahaya yang nyata maupun halus
6.Hizib badawi rifa’i
Untuk keselamatan dari jin ,setan,dan manusia,serta menjadi lawan lemah dan gemetar.
7.Hizib bahri
Untuk meningkatkan kharisma,wibawa,membuat musuh meminta maaf,kebal senjata,menundukkan jin dan setan,serta keberuntungan usaha dan selamat dari bencana dan sihir
8.Hizib barqi
Untuk melemahkan mental lawan,mental menutup pandangan dan pendengaran lawan,menghancurkan benda keras,serta disegani kawan maupun lawan.selain itu juga meningkatkan kharisma dan agar selamat dari segala bahaya.Hizib ini sering digunakan untuk memukul balik serangan para pelaku sihir/santet
9.Hizib bayyumi
Untuk meramaikan majelis(banyak murid),serta agar selamat dari kejahatan manusia.selain itu agar aman dari segala bentuk sihir,serta untuk meningkatkan derajat dan cita – cita
10.Hizib bukhori
Agar istikomah dalam ibadah ,selamat dari fitnah,membingungkan orang zalim agar tipu dayanya gagal,serta menangkal dan mengembalikan guna-guna dan sihir.kadang – kadang juga di maksudkan agar rumah musuh disambar petir.
11.Hizib difa’
Jika dibacakan 41 kali di suatu lokasi,bisa membuat jin dan setan kabur dari lokasi tersebut.
12.Hizib ikhfa
Hizib rangkuman imam abi hasan asy-sadzili ini untuk menjaga dari ancaman fisik, meningkatkan keberanian dan merusak orang zalim.
13.hizb ja’far shadiq
Untuk menjaga dari kejahatan orang lain,terutama pengamanan lokasi(rumah,kantor,pabrik,kebon),baik secara lahir maupun batin.
14.Hizib jabalakah
Untuk menanggulangi musuh,kuat jasmani,mengamankan lokasi,serta selamat dari senjata tajam dan untuk melumpuhkan musuh.
15.Hizib jailani
Untuk kesaktian menaikkan derajat,sehat jasmani, dan ketentetaman berkeluarga untuk persahabatan (majelis)agar damai dan bersatu,dicintai masyarakat,terpelihara dari kefakiran,serta dijauhkan dari sihir dan hal-hal yang bersifat samar(halus).dimudahkan cita-cita dan usaha diberkati.
16.Hizib jalalah
Agar seorang hamba selalu dikasih tuhan dan sesama manusia.selain itu agar ucapan manjur,diberi/dijaga kewibawaan,serta agar selamat dari senjata tajam.
17.Hizib kasri
Hizib ini karakter nya keras dan memiliki 9 fungsi,yakni merusak orang jahat agar kejahatan nya berhenti,membuat persatuan musuh porak poranda,mengembalikan serangn lawan hingga menghantam dirinya sendiri,menangkis senjata musuh,mendatangkan ajal bagi pihak yang memusuhi,mengiri suara yang dapat menggentarkan lawan,serta merusak rumah tangga musuh.
18.Hizib lathif
Seseorang yang didzalimi lalu membaca Hizib ini 41 kali pada sore hari,maka orang yang dzalim justru dihantam niat jahatnya sendiri hingga jiwanya tergoncang.semua terjadi atas keadilan tuhan sesuai kadar kedzaliman yang dilakukannya
19.Hizib lidaf’i silah
Untuk membakitkan kesaktian;tenaga dalam;menolak serangan lawan;menutup pendengaran;penglihatan dan mulut lawan;seta mengamankan pekarangan dan menambah kekuatan lahir-batin
20.Hizib mighnatis
Untuk ketabahan mental,kesaktian jasmani, dan selamat dari niat-niat jahat.jika dibaca sekali di hadapan musuh,musuh bisa mengalami kelumpuhan.
21.Hizib nashor
Untuk menjaga dari fitnah dan segala bentuk kedzaliman,serta agar kebal pukulan dan senjata tajam.bisa pula untuk menyembuhkan sakit jiwa(kemasukan jin) dan ayan,serta menetralkan lokasi angker.
22.Hizib nawawy
Hizib ini setara dengn Hizib nashor.fungsinya dari sihir,penganiayaan fisik,pencurian/perampokan,kebakaran,serta selamat dalam berlalu lintas dan melemahkan kesaktian orang dzalim
23.Hizib silah
Jika dibaca dalam jumlah tertentu di tepi sungai lalu ditujukan kepada orang dzalim,keinginan terhadap orang zalim tersebut bisa terjadi.
24.Hizib yamani
Hizib yamani berfungsi menangkal berbagai jenis sihirbdan bahaya yang bersifat fisik
D. Fungsi hizib dan Azimat
1. merusak orang jahat agar kejahatan nya berhenti,
2. membuat persatuan musuh porak poranda,
3. mengembalikan serangn lawan hingga menghantam dirinya sendiri,
4. menangkis senjata musuh,mendatangkan ajal bagi pihak yang memusuhi,
5. mengiri suara yang dapat menggentarkan lawan,serta merusak rumah tangga musuh.
BAB III
PENUTUP
A. SIMPULAN
Hizib adalah Sebuah kumpulan wirid ( yang berasal dari Alqur’an atau hadist Nabi ) yang digunakan untuk memohon pertolongan kepada Allah dalam menghadapi persoalan lahir maupun batin, baik urusan dunia ataupun akhirat.
Azimat atau jimat yaitu satu benda yang disakralkan lantaran mempunyai faedah supranatural untuk menangani beragam permasalahan kehidupan serta untuk menolong tercapainya satu maksud.
Macam-Macam Hizib
1.Hizib abu bakar sakron
2.Hizib al barri
3.Hizib ‘aly
4.Hizib andarun
5.Hizib autad
6.Hizib badawi rifa’i
7.Hizib bahri
8.Hizib barqi
9.Hizib bayyumi
10.Hizib bukhori
11.Hizib difa’
12.Hizib ikhfa
13.hizb ja’far shadiq
14.Hizib jabalakah
15.Hizib jailani
16.Hizib jalalah
17.Hizib kasri
18.Hizib lathif
19.Hizib lidaf’i silah
20.Hizib mighnatis
21.Hizib nashor
22.Hizib nawawy
23.Hizib silah
24.Hizib yamani
Fungsi hizib dan Azimat
1. merusak orang jahat agar kejahatan nya berhenti,
2. membuat persatuan musuh porak poranda,
3. mengembalikan serangn lawan hingga menghantam dirinya sendiri,
4. menangkis senjata musuh,mendatangkan ajal bagi pihak yang memusuhi,
5. mengiri suara yang dapat menggentarkan lawan,serta merusak rumah tangga musuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar