Senin, 09 November 2020

Perilaku konsumen dan strategi pemasaran

MAKALAH PERILAKU KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN DOSEN PEMBIMBING : DISUSUN OLEH : Anggraeni Kartika Ismayanti (18042057) Ayuk Sulistyawati (18042089) Siti Mabruroh (18042088) M. Tsalis Nasihun Amin (18042065) FAKULTAS EKONOMI PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Illahi Rabbi, berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. Dan tak lupa pula shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad saw, yang telah membimbing umatnya hingga sampai pada zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan ini. Makalah kami susun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah perilaku organisasi, yang membahas tentang “Ejaan dalam bahasa indonesia”. kami menyadari bahwa masih terdapat beberapa kelemahan atau kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu, segala tegur sapa, kritik, koreksi dan saran yang diberikan akan kami sambut dengan kelapangan hati guna perbaikan pada masa yang akan datang. Akhir kata, kami berharap semoga makalah ini dapat memberikan motivasi bagi siapa saja yang membaca dan memanfaatkan. KATA PENGANTAR BAB 1 PENDAHULUAN ............................................................................................... 4 Latar belakang ....................................................................................................... 4 Rumusan masalah .................................................................................................. 4 Tujuan masalah ...................................................................................................... 4 BAB II PEMBAHASAN .................................................................................................. 5 Pengertian perilaku konsumen ............................................................................... 5 Macam-macam Konsumen ..................................................................................... 5 Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen ......................................... 5 Teori perilaku konsumen ........................................................................................ 5 Pendekatan perilaku konsumen .............................................................................. 5 Pengertian strategi pemasaran ................................................................................ 6 Langkah-langkah strategi pemasaran ..................................................................... 6 Unsur-unsur strategi pemasaran ............................................................................. 7 Prinsip-prinsip pemasaran ...................................................................................... 7 Tujuan strategi pemasaran ...................................................................................... 7 Jenis-jenis strategi pemasaran ................................................................................ 7 Fungsi strategi pemasaran ...................................................................................... 8 BAB III PENUTUP .......................................................................................................... 9 Kesimpulan ............................................................................................................. 9 DAFTAR PUSTAKA ....................................................................................................... 10 BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Perilaku konsumen memiliki kepentingan khusus bagi orang karena berbagai alasan berhasrat mempengaruhi atau mengubah perilaku itu, termasuk mereka yang kepentingan utamanya adalah pemasaran, pendidikan, dan perlindungan konsumen, serta kebijakan umum. Masing-masing pihak memberikan sesuatu yang bernilai kepada pihak lain dengan tujuan memenuhi kebutuhan mereka masing-masing. Sedangkan strategi pemasaran merupakan suatu hal yang sangat penting dan berpengaruh terhadap suatu hal yang sangat penting dan berpengaruh terhadap suatu bisnis atau usaha. Perkembangan dunia usaha pada saat ini menunjukkan adanya gejala persaingan yang semakin meningkat kearah penguasaan pasar secara luas. Perusahaan besar maupun kecil, saling bersaing dan berpacu untuk merebut tempat pemasaran dengan berbagai macam cara dan usaha supaya perusahaan dapat menjual produk sebanyak banyaknya pada konsumen yang membutuhkan. Rumusan Masalah Apa itu perilaku konsumen Apa saja teori perilaku konsumen Apa itu strategi pemasaran Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran Tujuan Masalah Untuk mengetahui pengertian perilaku konsumen Untuk mengetahui pengertian strategi pemasaran Untuk mengetahui faktor strategi pemasaran dan teori perilaku konsumen BAB II PEMBAHASAN Pengertian perilaku konsumen Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Macam-macam Konsumen : 1. Personal Konsumen Konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk pemggunannya sendiri. 2. Organizational Konsumen Konsumen ini membeli atau menggunakan jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen Menurut philip kotler dan gary armstrong (1996) keputusan pembelian dari pembeli sangat dipengaruhi oleh faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psokologi dari pembeli. Faktor budaya Faktor budaya memberikan pengaruh paling luas dan dalam pada perilaku konsumen. Perusahaan harus mengetahui peranan yang dimainkan oleh beberapa budaya, sub budaya dan kelas sosial pembeli. Faktor sosial Perilaku konsumen juga dipengaruhi oleh faktor sosial, seperti kelompok kecil, keluarga serta peranan dan status sosial konsumen. Perilaku seseorang dipengaruhi oleh banyak kelompok kecil. Faktor pribadi Keputusan pembelian juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi seperti umur dan tahapan daur hidup, pekerjaan, situasi ekonomi, gaya hidup, serta kepribadian dan konsep diri pembeli. Faktor psikologis Pemilihan barang yang dibeli seseorang lebih lanjut dipengaruhi oleh empat faktor psikologis yaitu motivasi, persepsi, pengetahuanserta kepercayaan. Adapun beberapa teori perilaku konsumen adalah sebagai berikut: Teori ekonomi mikro, teori ini beranggapan bahwa setiap konsumen akan berusaha memperoleh kepuasan maksimal. Teori psikologis, teori ini mendasarkan diri pada faktor-faktor psikologis individu yang dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan lingkungan. Teori antropologis, teori ini juga menekankan perilaku pembelian dari suatu kelompok masyarakat yang ruang lingkupnya sangat luas, seperti kebudayaan, kelas-kelas sosial dan sebagainya. Pendekatan perilaku konsumen Pendekatan nilai guna kardinal Pendekatan nilai guna kardinal atau sering disebut dengan teori nilai subyektif menganggap manfaat atau kenikmatan yang diperoleh seorang konsumen dapat dinyatakan secara kuantitatif/ dapat diukur, dimana keseimbangan konsumen dalam memaksimalkan kepuasan atas konsumsi berbagai macam barang, dilihat dari seberapa besar uang yang dikeluarkan untuk membeli unit tambahan dari berbagai jenis barang akan memberikan nilai guna marginal yang sama besarnya. Pendekatan nilai guna ordinal Pendekatan nilai guna ordinal atau sering juga disebut analisis kurva indeference menganggap bahwa manfaat yang diperoleh masyarakat dari mengkonsumsikan barang-barang tidak kuantitatif/ tidak dapat diukur. STRATEGI PEMASARAN Strategi adalah proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi. Pemasaran adalah sekelompok aktivitas yang saling berkaitan yang dirancang untuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan mengembangkan distribusi, promosi, dan penetapan harga serta pelayanan untuk memuaskan kebutuhan konsumen pada tingkat keuntungan tertentu. Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Langkah-langkah strategi pemasaran yang dapat diterapkan Kenalilah pelanggan Identifikasi target market anda akan membantu dalam menyusun strategi marketing yang efektif. Jadi dengan mengetahui siapa target market anda, maka akan terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia. Lakukanlah promosi Lakukan upaya promosi atau memperkenalkan produk bisnis kepada konsumen. Usahakan agar promosi yang dilakukan tersebut konsisten, terus menerus dan dengan cara-cara kreatif sehingga para pelanggan tidak merasa bosan. Pilih lokasi yang strategis Faktor penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah masalah pemilihan tempat usahakan untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan bisnis anda untuk dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka. Gunakan internet marketing Internet marketing bisa jadi salah satu strategi marketing yang sangat efektif dan dapat mengetahui selera pelanggan dan kebutuhan pelanggan anda dengan menempatkan bisnis anda disitus jaringan sosial’ Jalin hubungan dengan pelanggan Memelihara pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Unsur-unsur strategi pemasaran Unsur strategi pemasaran Segmentasi pasar, yaitu tindakan menidentifikasi dan membentuk kelompok pembeli atau konsumen secara terpisah. Masing-masing konsumen dibedakan menurut karakteristik kebutuhan produk dan bauran pemasaran sendiri. Targeting, yaitu tindakan memilih satu atau lebih segmen yang akan dimasuki. Positioning, yaitu menetapkan posisi pasar, tujuannya adalah untuk membangun dan mengkomunikasikan keunggulan produk yang ada dipasar kepada konsumen. Unsur taktik persaingan Differensiasi, yaitu pembeda antara produk sendiri dengan produk lain. Bauran pemasaran (marketing mix), yaitu meliputi produk,harga,promosi,dan tempat. Unsur nilai pemasaran Indentifikasi untuk membedakan satu produk dengan produk lain. Garansi atas kualitas dan kinerja dari produk yang akan dibeli. Prinsip-prinsip pemasaran Organisasi yang melakukan tugas atau kegiatan pemasaran. Barang-barang dan jasa yang dipasarkan. Pasar yang akan dituju. Perantara yang membantu dalam pertukaran barang dan jasa. Faktor lingkungan lainnya. Tujuan strategi pemasaran Meningkatkan kualitas koordinasi kepada tim pemasaran. Mengukur hasi pemasaran menurut standar prestasi yang belaku. Memberikan dasar yang masuk akal didalam setiap mengambil keputusan. Meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi apabila terjadi perubahan dalam pemasaran. Jenis-jenis strategi pemasaran Assauri (2008:163) mengemukakan ada tiga jenis strategi pemasaran yang dapat dilakukan perusahaan yakni: Strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar (undifferentiated marketing). Strategi jenis ini menganggap pasar adalah keseluruhan, sehingga perusahaan hanya memperhatikan kebutuhan secara umum. Produk yang dihasilkan dan dipasarkan seringkali hanya satu produk saja dan berusaha menarik konsumen dengan satu rencana pemasaran saja. Strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar (differentiated marketing). Strategi pemasaran ini melayani keperluan sebagian kelompok tertentu dengan satu jenis produk tertentu. Sehingga produsen atau perusahaan menghasilkan produk yang berbeda sesuai dengan segmen pasar. Strategi pemasaran yang terkonsentrasi (concentrated marketing) Strategi pemasara ini mengkhususkan pemasaran produk kepada sebagian segmen pasar dengan pertimbangan keterbatasan sumber daya yang ada di perusahaan. Fungsi strategi pemasaran Meningkatkan motivasi pengembangan bisnis Melihat peluang dengan cara berbeda adalah salah satu fungsi strategi pemasaran yang memengaruhi kelangsungan bisnis dimasa mendatang. Membuat koordinasi tim lebih efektif Dengan adanya strategi pemasaran, koordinasi tim menjadi lebih baik dan terarah untuk mencapai tujuan yang sama. Merumuskan tujuan perusahaan Tanpa tujuan yang jelas, perusahaan tidak akan berkembang. Mengawasi kegiatan pemasaran Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pemasaran perusahaan yang jelas sehingga potensi dari setiap anggota bisa terdeteksi dan digunakan untuk mendukung perusahaan mencapai tujuan. BAB III PENUTUP Kesimpilan Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta mengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Sedangkan strategi pemasaran adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. DAFTAR PUSTAKA Engel, James F, Black Well Roger D, Miniard Paul W..1994. Perilaku konsumen, Jakarta, Binarupa Aksara. Kotler, P. 1995. Manajemen Pemasaran; Analisa, Perencanaan, Implementasi dan pengendalian. Jilid I, Edisi Kedelapan, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar